Sejarah Futsal

pertandingan futsal tempo duluSejarah mencatat, ada sebuah permainan sepakbola dalam ruangan yang pernah dimainkan di Kanada pada tahun 1854. versi resminya, futsal baru muncul dan berkembang pada kisaran tahun 30-an, tepatnya menjelang Piala Dunia pertama pada tahun 1930 di Uruguay. Pelatih asal Argentina Juan Carlos Ceriani dikultuskan sebagai penemunya.
Asal usulnya adalah sebagai berikut, Ceriani yang saat itu mengabdi kepada Timnas Postugal merasa sangat dongkol dan kesal terhadap cuaca yang di Montevideo, dimana camp latihannya selalu diguyur hujan terus menerus dan membuat jadwal latiha jadi berantakan, samapai rencana tanding persahabatan pun ditunda dengan alas an yang sama.
Akhirnya Ceriani mendapatkan ide yang kreatif yaitu memindahkan tempat latihan dari lapangan terbuka ke gedung lapangan basket. Permaianan sepakbola pun berpindah dari lapangan tanah berumput ke lapangan lantai dengan aturan dan jumlah pemain yang sama seperti sepakbola. Karena luas lapangan yang sempit, Ceriani membatasi jumlah pemain di lapangan agar lebih leluasa bergerak dan mengolah bola, secara tidak langsung lama kelamaan anak-anak di kota Montevideo mulai memaninkan sepakbola ciptaan Ceriani.
Tetapi sepakbola ruangan ciptaan Ceriani di klaim juga oleh orang Brasil, mereka berkata bahwa sebelum Ceriani menciptakan ide itu, di Brasil telah memainkannya sebelum Ceriani, orang-orang di kota brasil telah memainkan sepakbola dijalanan kota tanpa peraturan yang baku, mereka menganggap Ceriani telah mencontek permainan sepakbola tersebut. Tetapi nama Ceriani lah yang di abadikan sebagai penemu futsal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s